Core

SELAMAT DATANG DI d'BDB DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA. MOHON MAAF KARENA BEBERAPA KONTEN DAN MENU BELUM BERJALAN DENGAN BAIK. TERIMAKASIH ATAS PENGERTIANNYA.

Jumat, 17 Juni 2011

Kebudayaan dan Potensi Ekonominya

KEBUDAYAAN INDONESIA DAN POTENSI EKONOMINYA

Potensi suatu negara, umumnya dinilai dari SDM dan SDAnya. Dalam bidang kebudayaan indonesia merupakan suatu negara dengan keberagaman kebudayaan terbesar di dunia. Hal ini didukung dengan keberagaman hayati(bio-divertisitas) terbesar di dunia, keberagaman suku bangsa terbesar di dunia (yang dihimpun menjadi bangsa Indonesia), keberagaman bahasa terbesar No.2 di dunia (726 ragam bahasa), keberagaman kesenian dan tradisi terbesar di dunia, dll. Begitu pula dengan kondisi geografinya yang beragam tercatat lebih dari 13 ribu pulau (data terakhir yang dikeluarkan BPS) dengan cuaca/iklim yang hampir berbeda beda.
Dalam bidang ekonomi, tentulah keberagaman budaya akan sangat berperan dalam usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Sektor pariwisata adalah yang paling menjanjikan, asalkan pengelolaanya dapat dilakukan dengan baik, maka sektor ini akan mendatangkan anugerah bagi masyarkat disekitarnya. Selain didukung oleh faktor alam yang indah, budaya, tradisi dan kesenian di Indonesia pun adalah magnet utama dalam memikat wisatawan terutma wisatawan mancanegara.
Bayangkan saja bila negara ini dapat memikat 10 juta wisatawan mancanegara-filosofi orang berwisata(terutama masyarakat Eropa dan Amerika)adalah mendapatkan kesenangan setinggi-tingginya, tak peduli berapa kocek yang haurus mereka rogoh, Asal menjanjikan, tak ada masalah dengan uang-kita pukul rata setiap orang akan mengeluarkan Rp50juta selama berwisata. Maka di sektor ekonomi, ini akan menyumbang Rp500 Triliun bagi PDB Indonesia. Itu baru wisatawan asing, bagaimana dengan wisatawan domestik? Ya, tinggal di hitung saja. (perlu dicatat, bahwa hitung-hitungan di atas adalah hitung-hitungan buta)
Asalkan pengelolaannya benar, mungkin suatu hari, sektor pariwisata dapat menggenjot PDB Indonesia, yang artinya memperbaiki kesejah teraan masyarakat Indonesia sendiri. Bahkan bisa mendongkrak devisa negara yang beberapa dekade terakhir ini bergantung dari sektor pajak (hampir 80%).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar